» Kategori : Artikel

Individualisme dan Penilaian Kinerja

Coba jawab pertanyaan di bawah ini: Cacat produksi terjadi di sebuah pabrik, yang disebabkan oleh kelalaian salah seorang anggota tim. Siapa yang bertanggung jawab? Orang yang lalai terbesebut adalah orang yang bertanggung jawab. Karena ia adalah anggota tim, maka keseluruhan tim bertanggung jawab. Pertanyaan di atas salah satu dari sekian puluh pertanyaan yang digunakan oleh ... selengkapnya

BELAJAR KEPEMIMPINAN DARI TOKOH SUPERHERO

Rudy baru saja dipromosikan menjadi seorang manajer produksi, di mana sebelumnya ia adalah seorang supervisor di salah satu unit produksi. Rudy cukup kebingungan dengan tugas dan tanggung jawabnya yang sekarang, berbeda jauh dengan sewaktu ia menjadi supervisor. Saat ini Rudy dituntut tidak hanya menguasai teknis, akan tetapi juga harus mampu mengelola tim di bawahnya yang jumlahnya jauh ... selengkapnya

3B yang Berbahaya

Belum lama ini, Doug Lipp, salah se orang pembicara paling terkemuka saat ini dalam bidang kepemimpinan dan budaya organisasi, menceritakan tentang percakapannya dengan Greg Hicks, pendiri dan pemilik Impressions Catering, yang berpusat di Cleveland, Tennessee. Singkat cerita, kesimpulan dari percakapan mereka adalah tiga “B” yang berbahaya buat organisasi, yaitu: Busy ... selengkapnya

PENTINGNYA MEMBANGUN SALES MOTIVATION & ENGAGEMENT

Lydia, seorang direktur pemasaran di perusahaan perbankan terlihat terburu-buru untuk memasuki ruang rapat. Di dalam ruang rapat sudah terdapat manajer pemasaran dan manajer SDM serta beberapa staf SDM. Lydia sendiri yang inisiatif mengadakan rapat karena ia merasakan keresahan akan tingkat turnover tim penjualan yang tinggi di hampir seluruh cabang – cabang Indonesia. Keadaan ini ... selengkapnya

Tatangan Pemimpin Dalam Memberikan Pengaruh Dan Keteladanan

Suatu siang, disalah satu kafe  yang berdekatan dengan kompleks perkantoran, Deny dan Monica sedang mendiskusikan atasan mereka yang baru 3 bulan memimpin unit marketing. “Saya tidak habis pikir dengan Pak Rudi, dua hari yang lalu meminta agar saya fokus mengelola kelompok klien automotif, eh..tadi pagi dia bilang saya harus fokus pada klien perbankan dengan alasan yang kurang ... selengkapnya

MANAJEMEN PROSES UNTUK KEBERHASILAN PENJUALAN

  Dalam suatu diskusi di sebuah grup perusahaan besar di Indonesia, hampir semua manajer penjualan di dalam grup tersebut mengeluhkan penjualan produk atau jasa mereka yang semakin menurun. Mereka lalu sepakat untuk saling ber empati dan memberikan pembelaan diri bahwa hal tersebut adalah situasi umum yang tidak dapat dihindari karena tidak hanya terjadi di perusahaan mereka tetapi ... selengkapnya