Perspektif Bahasa Tubuh Lawan Bicara (bagian pertama)


Pernahkah anda merasa lawan bicara anda mengikuti gerak tubuh anda atau nampak sekali terlihat dimata anda bahwa lawan bicara kita merasa tidak nyaman pada saat berbicara dengan kita. Sedikit banyaknya perasaan anda tersebut adalah benar adanya, untuk mengetahui lebih jauh mengenai makna gerak tubuh lawan bicara kita lebih jauh mari sedikit kita membahas mengenai membaca bahasa tubuh.

Gerakan umum yang seringkali dilakukan oleh lawan bicara kita adalah mengangguk, sedikit bergumam, arah pandangan lawan bicara,  gerakan bibir, gerakan jemari dan gerakan kaki baik pada posisi berdiri ataupun duduk, mari satu persatu kita bahas mengenai hal tersebut agar kita dapat lebih jauh lagi memaknai pendapat lawan bicara kita tanpa perlu bertanya kepada yang bersangkutan.

 

Gerak tangan anda berbicara

 

Menggosok Kedua telapak tangan

Suatu hari  seorang sales kendaraan menawarkan produk terbarunya  pada anda, sambil berusaha melihat produk yang dia maksud terlihat oleh anda si marketing tersebut tersenyum dengan tubuh sedikit membungkuk sambil menggosokkan kedua belah telapak tangannya, apakah hal tersirat yang terkandung dari gerak tubuh si marketing tersebut ?.  Kita dapat mengintepretasikan gerak tubuh dari si marketing itu sebagai pengharapan positif pada anda untuk dapat membeli produk yang ditawarkannya sekaligus harapannya untuk mendapatkan keuntungan dari anda.

 

Jemari terkait

Seringkah pada saat anda meminta saran pada orang yang lebih tua dari anda dan terlihat ketika mereka berbicara  jemari mereka terkait, mungkin secara persepektif umum kita melihat hal ini sebagai tanda kebijaksanaan yang mereka miliki dan menciptakan keyakinan pada kita namun ternyata hal tersebut menandakan bahwa beliau sedang mengendalikan sikap dan merasakan kecemasan, sikap tubuh seperti ini juga dapat diartikan sebagai frustasi pada usaha penyelesaian suatu negosiasi yang berlangsung alot.

 

 

Menahan Tangan Dipunggung

Masih ingatkah anda pada saat dosen anda mengawasi ujian akhir, beliau akan bergerak kesana kemari dengan meletakkan kedua tangannya dibalik punggungnya. Ya pada saat itu memang saat yang menegangkan bagi anda, perasaan yang timbul pada anda tersebut memang tidak salah hal ini sengaja ditimbulkan oleh sang dosen untuk menjaga ketertiban kelas pada saat ujian sedang berlangsung. Makna sebenarnya dari menahan tangan dipunggung adalah menunjukan superioritas ( keunggulan ), kepercayaan diri dan kekuasaan sehingga anda merasa sangat tertekan dengan bahasa tubuh yang sengaja ditimbulkan oleh sang dosen tersebut.

 

 

 

Sumber : Allan dan barbara pease ; “ The Definitive Book of Body language “ ; 2004


Lainnya :

comments powered by Disqus