SPIN MOTIVATION


 Pernahkah Anda mengikuti training motivasi atau suatu pelatihan yang luar biasa, luar biasa!! tapi setelah 1 minggu kemudian jadi biasa saja? Atau bahkan tidak sampai 1 minggu, sekitar 3 hari sudah terasa menyusut motivasi Anda?  Padahal saat dikelas kita sangat termotivasi. Apakah kita termotivasi dikarenakan faktor fasilitator-nya? Video yang diputarkan? Suasana kelas yang ramai & semangat? Tempat pelatihannya yang menarik? Atau karena kita menemukan tujuan/ arah ke impian kita kembali? Ya, faktor tersebut memang bisa menjadi salah 1 hal yang membuat kita termotivasi. Namun mengapa tidak bertahan lama? 

Banyak yang mengalami hal seperti itu dan berharap agar ada cara untuk bisa mempertahankan motivasinya tanpa perlu mengikuti pelatihan ulang. Berita baiknya, ada cara untuk itu. Cara untuk mempertahankan & melipatkan motivasi Anda.  Metode ini dinamakan SPIN (Source Principle Imagine & Neutralize) Motivation. Dengan mengetahui & menerapkan metode ini maka kita akan bisa menjaga motivasi lebih lama dan memotivasi diri sendiri saat diperlukan, hal ini merupakan bagian tindak lanjut dari pelatihan motivasi. 

Source atau sumber motivasi seseorang itu ada yang berasal dari dalam (internal) dan ada yang dari luar (eksternal). Motivasi internal contohnya kepuasaan saat seseorang bisa membeli mobil atau rumah impiannya; kepuasaan diri saat bekerja sesuai dengan minat & keahliannya dsb. Motivasi eksternal sebagai contoh seorang penjual termotivasi melakukan penjualan karena akan diberikan insentif jika mencapai target (rewards), sebaliknya jika tidak mencapai target akan mendapat sanksi (punishment). Lebih cenderung ke arah manakah motivasi diri Anda saat bekerja? Apakah lebih dikarenakan faktor dari dalam diri atau luar diri? Lebih cenderung untuk kepuasaan prestasi diri atau karena ada insentif & punishment? 

Principle atau prinsip motivasi ada banyak namun yang akan kita bahas adalah 2 prinsip yang utama. Yang pertama prinsip “Lain Lubuk Lain Ikannya”. Artinya apa yang memotivasi saya belum tentu memotivasi orang lain. Contohnya jika motivasi Anda adalah ingin memiliki rumah impian, belum tentu rekan Anda termotivasi dengan rumah, bisa jadi dia akan termotivasi jika memiliki jabatan/ posisi yang tinggi di perusahaan atau yang lainnya.

Prinsip kedua adalah “Prinsip Dunia Berubah”, yaitu apa yang memotivasi Anda saat ini belum tentu memotivasi Anda di beberapa tahun mendatang. Misalnya Anda termotivasi saat ini mendapatkan bonus jalan-jalan ke Thailand. Setelah tercapai pasti Anda tidak terlalu termotivasi lagi jika tahun depan bonusnya jalan-jalan ke Thailand, Anda akan menginginkan ke tempat yang berbeda.  Hal ini berkaitan juga dengan Goal Setting. Buatlah goal yang menantang & memotivasi Anda, membuat Anda tertantang untuk mencapainya!! Apa yang memotivasi Anda saat ini untuk bekerja?

 Imagine adalah mem-visualisasikan goal/ tujuan Anda. Dengan visualisasi goal yang memotivasi Anda, Anda akan semangat untuk meraihnya. Ada beberapa langkah efektif untuk visualisasi. Pertama buatlah goal Anda diselembar kertas, gambarlah goal atau impian Anda itu. Gambar impian/ goal Anda tidak mesti bagus atau sempurna, yang terpenting adalah Anda tahu apa yang Anda gambar & akan lebih baik jika cukup detail gambarnya.

Buat goal untuk jangka pendek terlebih dahulu, yang ingin Anda capai dalam kurun waktu 2-3 tahun kedepan. Presentasi/ ceritakan goal Anda kepada pasangan, sahabat atau pun rekan Anda. Hal ini akan memicu Anda untuk  menggapainya. Lalu tempelkan kertas goal Anda ditempat yang Anda sering lihat setiap harinya, bisa di kamar tidur, meja kerja, ataupun di belakang pintu kamar. Visualisasikan 15 detik saja setiap harinya, tutup mata Anda dan bayangkan Anda sudah memiliki goal Anda (mobil, rumah, jabatan, dll), rasakan perasaan Anda ketika memilikinya. Ini adalah salah 1 teknik dalam hypno, men-setting otak & alam bawah sadar Anda.

Neutralize atau netralisir pikiran Anda dari hal-hal yang membuat Anda goyah atau negatif didalam mengejar impian (goal) Anda. Sepanjang seseorang mengejar goal ada kalanya mengalami hambatan, tekanan, celaan didalam menggapainya. Penting sekali menetralisir & me-refresh kembali tujuan/ goal Anda semula. Soichiro Honda (Pendiri Honda) pun pernah mengalaminya ketika pabriknya 2 kali hancur berantakan. Pemain bola “Lionel Messi” juga mengalami hal yang sama ketika dia ingin bercita-cita menjadi pemain terbaik dunia namun mengalami kendala mengenai hormon tubuhnya. Diperlukan menetralisir & sikap mental yang positif  didalam menjalaninya.  Menetralisir pikiran bisa dengan beribadah, refleksi diri, berkumpul dengan orang-orang yang positif, melakukan NLP atau Hypno, merenung & melihat kembali alasan utama Anda menginginkan goal/ impian tersebut, dsb. Cara apa yang cocok/sesuai dengan diri Anda agar Anda bisa netral & positif kembali ?

Ada sebuah cerita mengenai seorang pemuda miskin bernama James. Ayahnya hanya pemain saksofon & ibunya menderita penyakit hipokondria (depresi jiwa yang terjadi karena imajinasi semata). James memiliki impian untuk menjadi seorang artis yang terkenal & memiliki uang US$ 100.000.000,-  Padahal dia tidak memiliki pekerjaan yang sesuai untuk mendapatkan uang sebegitu besarnya.  Tapi dia memiliki Impian yang di visualisasikan dengan selembar cek kosong yang di isi tulisan US$ 100.000.000,- . Perihal cek tersebut diceritakan kepada ayahnya yang mendukung agar impiannya dapat tercapai.

Description: Check depositSetiap ia mengalami kegagalan dalam sebuah audisi casting dia selalu mengambil dompetnya, melihat cek tersebut dan mengatakan sambil menunjuk pada cek tersebut “SAYA PASTI BISA MEMILIKI INI…..!!!” dan itu dilakukan secara terus menerus disaat dia mengalami kegagalan, sampai-sampai mentalnya menjadi sekuat baja. Terus mencoba casting & berjuang dengan impiannya. Singkat cerita, sebelum Thanksgiving tahun 1995, setelah berhasil menjadi pemeran utama film “The Mask”,  ia akhirnya menerima uang  sebesar US$ 100.000.000,- di film “Dumb n Dumbler”. Nama pemuda itu adalah James Eugene Carrey (lahir di Newmarket, Ontario), dikenal sebagai Jim Carrey.

Dengan memiliki goal & visualisasi yang baik, merupakan langkah awal yang baik dalam menggapai impian. Namun jangan lupa untuk tetap berdoa, berusaha & berjuang sampai dengan tujuan Anda tercapai. Salam sukses!!

Lainnya :

comments powered by Disqus